Friday, March 22, 2019

pengertian EDM 02 dari Cobit 5.0

EDM02 Memastikan Value Delivery



Deskripsi Proses
Mengoptimalkan kontribusi nilai kepada bisnis dari proses bisnis, layanan TI, dan aset TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan TI dengan biaya yang dapat diterima.


Pernyataan Tujuan Proses Dapatkan nilai optimal dari inisiatif, layanan, dan aset yang didukung TI; pengiriman solusi dan layanan yang hemat biaya; dan gambaran biaya dan kemungkinan manfaat yang dapat diandalkan dan akurat sehingga kebutuhan bisnis didukung secara efektif dan efisien


Proses ini mendukung pencapaian serangkaian tujuan utama terkait TI:
IT-related Goal :

-01 Penyelarasan antara IT dengan strategi bisnis  
-05 Realisasi manfaat dari portofolio investasi dan layanan yang mendukung TI
-06 Trasparansi dari biaya IT, manfaat dan resikoya
-07 Penghantaran dari layana IT selaras dengan kebutuhan perusahaan
-17 Pengetahuan, keahlian dan inisiatif untuk inovasi perusahaan

Related matrik :

·Persentasi dari tujuan dari strategi perusahaan dan kebutuhan-kebutuhan yang didukung oleh tujuan strategi IT.

·Tingkat kepuasan stakeholder dengan menggunakan acuan dari portofolio program dan layanan yang telah direncanakan.
·Persentasi dari penggerak nilai IT yang telah dipetakan terhadap penggerak nilai bisnis.
·Persentasi dari investasi yang telah didukung IT yang dimana realisasi dari manfaat telah dimonitor melalui siklus ekonomi secara penuh.
·Persentasi dari layanan IT dimana manfaat yang diharapkan telah terealisasi. 
Persentasi dari investasi yang telah didukung IT yang dimana manfaat yang telah diperoleh telah terpenuhi atau bahkan melebihi
·Persentasi dari penginvestasian kasus bisnis dengan harapan terkait biaya dan manfaat IT yang telah didefinisikan dengan jelas dan telah disetujui.
·Persentasi dari layanan IT dengan biaya operasiona dan manfaat yang terdefinikan dengan jelas dan telah disetujui.
·Survey kepuasan dari stakeholder terkait tingkat transparansi, pemahaman dan akurasi dari informasi keuangan IT
·Sejumlah gangguan bisnis yang berkenaan dengan insiden layanan IT
·Persentasi dari stakeholder bisnis yang puas dengan layanan It
·Persentasi dari kepuasan pengguna dengan kualitas layanan IT
·Tingkat kesadaran para eksekutif dan pemahaman tentang kemungkina  inovasi IT
·Tingka kepuasan stakeholder terhadap tingkat ,eahlian dan ide tentang inovasi IT 
·Sejumlah inisiativ yang telah disetujui yang dihasilkan dari inovasi IT dan ide 

Goal Proses dan Metrik
Goal Proses
1.Perusahaan mendapatkan nilai optimal dari portofolio inisiatif, layanan, dan aset yang didukung TI yang disetujui
-Nilai optimal diperoleh dari investasi TI melalui praktik manajemen nilai yang efektif di perusahaan  
-Investasi yang didukung TI secara individu berkontribusi nilai optimal

Matrik :
·Tingkat kepuasan dari manajeman eksekutif terhadappenghantaran nilai IT dan biayanya
·Penyimpangan antara target dan kenyataan campuran investasi 
·Tingkat kepuasan stakeholder terhadap kemampuan perusahaan dalam meraih nilai dari inisiatif yang telah didukung IT
·Jumlah insiden tang terjadi yang berkenaan dengan percobaan penipuan maupun penipuan yang terjadi dari prinsip dan praktis manajemen nilai yang telah ditetapkan
·Persentasi dari inisiatif IT dalam portofolio secara keseluruhan dimana nilai sedang di kelola melalui siklus secara keseluruhan  
·Tingkat kepuasan stakeholder terhadap program untuk mengidentifikasi tujuan, dengan penghantaran nilai berdasarkan survei
·Persentasi dari nilai yang diharapkan telah terealisasi

lanjut membaca artikel klik link ini



No comments: