Kemampuan
Kami sudah sejauh tertutup karakteristik permukaan tidak
mungkin, pada mereka sendiri, untuk langsung berhubungan dengan prestasi kerja.
Sekarang kita beralih ke kemampuan tingkat mendalam yang erat terkait dengan
kinerja pekerjaan. Bertentangan dengan apa yang kita diajarkan di sekolah
dasar,kami tidak semua diciptakan sama dalam kemampuan kita. Kebanyakan orang
ke kiri atau kanan median pada beberapa kurva kemampuan terdistribusi normal.
Sebagai contoh,terlepas dari bagaimana Anda termotivasi, tidak mungkin Anda
dapat bertindak serta Scarlett
Johansson, bermain basket serta LeBron James, menulis serta
JK Rowling,
atau bermain gitar serta Pat Metheny. Tentu saja, hanya
karena kita tidak semua
sama dalam kemampuan tidak berarti bahwa beberapa individu
secara inheren rendah.
Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan yang membuat
dia relatif superior
atau kalah dengan orang lain dalam melakukan tugas-tugas
atau kegiatan tertentu. Dari manajemen
sudut pandang, masalah ini bukan apakah orang berbeda dalam
hal mereka
kemampuan. Mereka jelas melakukan. Masalah ini menggunakan
pengetahuan bahwa orang berbeda untuk
meningkatkan kemungkinan seorang karyawan akan melakukan nya
atau pekerjaannya dengan baik.
Apa artinya kemampuan? Seperti kita menggunakan istilah,
kemampuan adalah saat individu
kapasitas untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu
pekerjaan. Kemampuan keseluruhan pada dasarnya
terdiri dari dua faktor: intelektual dan fisik.
Kemampuan intelektual
Kemampuan intelektual adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk
melakukan kegiatan-pemikiran mental,
penalaran, dan pemecahan masalah. Sebagian besar masyarakat
menempatkan nilai tinggi pada kecerdasan,
dan untuk alasan yang baik. Orang pintar umumnya mendapatkan
lebih banyak uang dan mencapai
tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Mereka juga lebih
mungkin untuk muncul sebagai pemimpin
kelompok. Intelijen quotient (IQ) tes, misalnya, dirancang
untuk memastikan
kemampuan intelektual umum seseorang. Jadi, juga, masuk
perguruan tinggi populer
tes, seperti tes SAT dan ACT dan lulus masuk dalam bisnis
(GMAT), hukum (LSAT), dan obat-obatan (MCAT). Perusahaan
pengujian tidak mengklaim mereka
tes menilai kecerdasan, namun para ahli tahu yang mereka
lakukan. 59 Tujuh paling sering
dimensi dikutip membentuk kemampuan intelektual sejumlah
bakat, verbal
pemahaman, kecepatan perseptual, penalaran induktif,
penalaran deduktif,
visualisasi spasial, dan memori. 60 Exhibit 2-2
menggambarkan dimensi ini.
Dimensi kecerdasan yang positif terkait, jadi jika Anda skor
tinggi pada lisan
pemahaman, misalnya, Anda lebih mungkin untuk juga skor
tinggi pada ruang
visualisasi. Korelasi tidak sempurna, yang berarti orang
harus spesifik
kemampuan yang memprediksi penting hasil pekerjaan yang
berhubungan bila dianggap
individual. 61 Namun, mereka cukup tinggi sehingga peneliti
juga mengakui
Faktor umum kecerdasan, kemampuan mental umum (GMA). Bukti
kuat
mendukung gagasan bahwa struktur dan ukuran kemampuan
intelektual
generalisasi lintas budaya. Dengan demikian, seseorang di
Venezuela atau Sudan tidak
memiliki satu set yang berbeda dari kemampuan mental dari
seorang pekerja AS atau Republik. Ada
beberapa bukti bahwa nilai IQ bervariasi untuk beberapa
derajat lintas budaya, tetapi mereka
perbedaan jauh lebih kecil ketika kita mempertimbangkan
pendidikan dan
perbedaan ekonomi. 62
Pekerjaan berbeda dalam tuntutan mereka menempatkan pada
kemampuan intelektual. Lebih
kompleks pekerjaan dalam hal tuntutan pemrosesan informasi,
yang lebih umum
kecerdasan dan kemampuan verbal akan diperlukan untuk
melakukan berhasil. 63
Dimensi Kemampuan Intelektual
Dimensi Deskripsi contoh pekerjaan
jumlah bakat Kemampuan untuk
melakukan Akuntan:
Menghitung pajak
aritmatika cepat dan akurat penjualan atas satu set item
pemahaman verbal Kemampuan untuk memahami apa yang Manajer pabrik: Mengikuti
di baca
atau didengar dan hubungan
kebijakan perusahaan pada
kata satu
sama lain perekrutan
kecepatan persepsi Kemampuan untuk mengidentifikasi Api penyidik: Mengidentifikasi
kesamaan
visual dan perbedaan petunjuk
untuk mendukung
cepat dan akurat tuduhan pembakaran
penalaran induktif Kemampuan untuk
mengidentifikasi Peneliti
pasar: permintaan
urutan
logis dalam masalah dan
Peramalan untuk produk
kemudian memecahkan masalah dalam periode waktu
berikutnya
penalaran deduktif Kemampuan untuk menggunakan Pembimbing: Memilih antara
logika dan menilai implikasi dua saran yang berbeda yang
dari argumen ditawarkan
oleh karyawan
visualisasi spasial Kemampuan untuk
membayangkan Interior
dekorator:
bagaimana sebuah objek akan terlihat redecorating kantor
jika posisinya dalam ruang diubah
ingatan Kemampuan
untuk mempertahankan dan Penjual:
Mengingat nama-
mengingat pengalaman masa lalu nama pelanggan
No comments:
Post a Comment