Monday, June 25, 2018

Analisa Kalender



A.    Analisa pertama kalender paper based.
Konsep masing masing dari tampilan kalender tersebut adalah tergantung dari tujuan penggunaanya pada kalender.


Diary berisikan detail kegiatan sehari penuh seperti jam agenda, sehingga didalam satu lembar terdapat space untuk menulis agenda berdasarkan jam yang telah disediakan.  Juga dapat di inputkan informasi tambahan seperti daftar kontak nama, catatan tambahan, dan informasi personal tambahan. Fitur tambahan ini didukung oleh format diari yang seperti buku dan memungkinkan peran diary sebagai catatan kehidupan.
 



 


Pada kalender dinding informasi tambahan hanya sedikit karena tidak banyak ruang yang disediakan pada kalender dinding. Jika pada diary dicantumkan jam sedangkan pada kalender dinding tidak mencantumkan jam. Sehingga informasi yang bakal dibuat tidak sedetail yang dengan. 
            Wall planner mempunyai karakteristik mirip dengan kalender singkat tetapi dengan space informasi tambahan yang lebih sedikit. Biasanya digunakan dalam merencanakan agenda tiap tahun.
1.      Berdasarkan apakah pokok utama dari aktifitas dan objek tersebut?
a.       Pokok dari pembuatan kalender digunakan untuk selain melihat tanggal juga dapat merencanakan mengatur acara pada hari tertentu.
2.      Bagaimana cara membedakan dari tiga objek tersebut?
a.       Dengan cara penggunaan, bentuk, dan isi dari catatan kalender tersebut.
3.      Metafora apa yang telah digunakan dalam desain dari fisik interface tersebut?
a.       Diary berfokus kepada agenda kegiatan harian yang dapat digunakan secara mendetail, dengan tambahan fitur daftar kontak nama, catatan tambahan, dan informasi personal tambahan.  
b.      Kalender dinding berfokus kepada rencana dalam 1 bulan dengan tampilan yang lebar dan biasanya terdapat gambar - gambar yang cukup menarik
c.       Wall planner berfokus kepada perencanaan kegiatan dalam 1 tahun hanya dalam bentuk seperti poster.
4.      Apakah pengguna mengerti tentang model konsep yang dimaksudkan?
a.       Kebanyakan pengguna dalam survey mengerti penggunaan masing masing benda  sesuai dengan fungsi ketiga benda tersebut.
5.      Apakah ketiga benda ini cocok dalam perbedaan kegunaan dalam pengguna?
a.       Cocok, karena setiap pengguna mempunyai perbedaan kebutuhan dan pemikiran dalam merencanakan sesuatu agenda atau kegiatan.

A.    Analisa Kedua (Electronic shared Calendar di Google Calendar)
Analisa pertama tentang model kalender agenda harian yang didapatkan pada android yang berisi detail setiap jamnya. Ditinjau dari metaforanya, agenda/kegiatan merupakan fokus utama, sinkronisasi dengan kalender di account google merupakan fitur baru yang dapat memudahkan. Bahakan apabila account google tersambung pada Facebook maka akan tersinkronisasi secara otomatis tentang hari ulang tahun teman yang berada di facebook.
 



Konsep kalender agenda mingguan adalah didalam kalender utama terdapat beberapa agenda atau kegiatan yang bisa diatur baik, meliputi agenda rutin atau tunggal, membuat agenda baru, mengedit, menyimpan, menghapus  agenda.


Sebuah kalender utama dan kalender lain dari account google. Didalam kalender utama ada agenda-agenda atau kegiatan-kegiatan yang bisa diatur baik agenda rutin atau tunggal, membuat agenda baru, menyimpan agenda, mengedit agenda, menghapus agenda,  menambahkan pengingat otomatis, dan menambahkan status prioritas di setiap agenda sedangkan kalender lain hanya bisa disinkronisasi untuk dilihat saja.
Kalender mengikuti model Agenda Kalender sesungguhnya, yang susunan waktunya tahun, bulan, hari, jam, menit, detik. Agenda juga seperti kegiatan di dunia nyata, setiap agenda harus memiliki nama kegiatan tanggal dan jam, informasi mengenai lokasi merupakan pilihan tidak wajib. Kalender lain hasil sinkronisasi dengan account google dapat ditampilkan bersama dengan kalender utama, atau tidak ditampilkan.
 


Analogi utama yang digunakan adalah Agenda kegiatan harian, selain itu agenda kalender tahunan, agenda kalender bulanan, pengingat otomatis, aplikasi editor agenda dengan fitur save, edit dan delete, aplikasi email, dukungan attachment file dan kemampuan social networking merukapan analogy tambahan yang dipakai.  Sedangkan dari sisi metaforanya, agenda merupakan fokus utama dengan tambahan fitur “invitations” untuk mengundang teman dari account google.


Ada beberapa kalender seperti “private”, “shared”, “others”.  Kita bisa membuat kalender baru, tidak seperti di android yang hanya punya 1 kalender utama, menyimpan kalender, menghapus kalender, mengatur setting dan pemilik dari “shared” kalender.  Setiap kalender terdiri dari agenda-agenda baik agenda rutin ataupun tunggal, agenda “private”, “shared” atau “mine others”.  Membuat agenda baru, membagi agenda dengan teman, menyimpan agenda, mengedit agenda, menghapus agenda, menerima agenda teman, mengirim agenda ke teman, menerima agenda dari teman, menolak agenda teman, menambahkan agenda ke kalender tertentu, menambahkan attachment, menambahkan pengingat otomatis, mengatur “availability” dari agenda, mengatur setting dan “owner” event, mengatur anggota shared kalendar, menghapus anggota, memblok anggota dan menambahkan anggota.
Aplikasi memiliki beberapa kalender yang merupakan kumpulan dari agenda. Agenda terhubung langsung dengan satu atau beberapa kalender.  Beberapa agenda dapat terhubung menggunakan kalender. Agenda atau kalendar bisa diatur menjadi “private” atau “shared”.  Agenda memiliki tanggal awal, tanggal akhir, waktu, lokasi, “owner”, “invitees”, status pribadi, nama agenda, status “sharing” dan deskripsi.  Fungsionalitas mengatur agenda (save, edit, dan delete) lebih penting daripada mengundang / “invites” teman ke suatu agenda ataupun menambahkan “attachment”.  Fungsionalitas mengubah setting jadi “private” lebih penting dari menjadikannya “shared”. Mengirim invitations lebih penting daripada menerima atau me-“reject” nya.  Hierarki dari pemilik kalender lebih tinggi dari pemilik agenda.

1.      Bagaimana mereka membedakan fisik objek yang sejenis?
a.       Dengan cara melihat perbedaan dari penggunaan kalender tersebut. Apabila kalender di android memudahkan dalam penggunaan kalender itu sendiri.
2.      Apa fitur terbaru yang disediakan?
a.       Menambahkan sejumlah acara pada Google Calendar diambil dari informasi di email yang dikirim pada akun Gmail.
3.      Metafora apa yang digunakan?
a.        agenda kegiatan harian sampai pada detail setiap jamnya. Analogi penting lain yang digunakan adalah agenda mingguan, dan kalender bulanan, termasuk pengingat otomatis, aplikasi editor agenda dengan fitur create, delete, save, edit agenda/kegiatan, ada juga fitur sinkronisasi dengan email (google).
b.      agenda merupakan fokus utama dengan tambahan fitur “invitations” untuk mengundang teman dari account google
4.      Apakah fungsi dan metafora di integrasikan dengan baik?
a.        Iya sangat beriterasi dengan baik.
5.      Masalah apa yang ditemui pengguna dengan jenis kalender yang interaktif? Kenapa anda berpikir demikian?
a.        Harus menggunakan koneksi internet jika akan mensingkronisasikan dengan gmail.







No comments: