Monday, June 25, 2018

Konsep Dasar Sistem Informasi



Pengertian Data
·         Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas ,Data adalah catatan atas kumpulan fakta.Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
·         Menurut Scolt Data adalah sekumpulan fakta,bilangan,angka dan simbol yang diolah menjadi infoprmasi
·         Dapat disimpulkan bahwa data adalah penggambaran fakta,pengertian atau instruksi yang disampaikan,dimengerti dan diolah oleh manusia atau peralatan yang digunakan.
Menurut berbagai sumber lain, data dapat juga didefinisikan sebagai berikut :
·         Menurut kamus bahasa inggris-indonesia, data berasal dari kata datum yang berarti fakta.
·         Dari sudut pandang bisnis, data bisnis adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu (resources) dan kejadian (transactions)yang terjadi.
·         Pengertian yang lain menyebutkan bahwa data adalah deskripsi dari suatu kejadian yang kita hadapi.
Jenis-jenis data dapat dibagi berdasarkan sifatnya, sumbernya, cara memperolehnya,dan waktu pengumpulannya. Menurut sifatnya, jenis-jenis data yaitu:
·         Data Kualitatif: data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau gaya kepemimpinan, dll.
·         Data Kuantitatif: data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham, besarnya pendapatan, dll.
Jenis-jenis data menurut sumbernya, antara lain:
·      Data Eksternal: data eksternal adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.
·      Data intenal adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.
Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain:
·       Data Primer (primary data): data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.
·       Data Sekunder (secondary data): data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.
Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:
·       Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Misalnya; data penelitian yang menggunakan kuesioner.
·       Data berkala (time series data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut. Misalnya, perkembangan uang beredar, harga 9 macam bahan pokok penduduk.
Pengertian Informasi
·         Menurut Wikipedia Ensklopedia Bebas adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.
·         Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”
·         Informasi adalah hasil dari pembentukan,penyusunan,pengorganisasian atau pengubahan data yang menambah tingkat pengetahuan.
·         Jadi dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah data yang telah diubah menjadi suatu bentuk yang spesifik(konteks) yang bermanfaat dan berarti bagi pemakai atau penggunanya.
Jenis – jenis Informasi  yaitu informasi Formal dan Informal
·         Informasi Formal adalah informasi yang datang dari dalam .
Contoh : Nabila tidak bisa mengikuti ujian.
·         Informasi Informal adlah informasi yang datang dari luar.
Contoh :Alasan Nabila Tidak mengikuti ujian.
            Informasi merupakan asset bagi pemakainya karena siapa yang memiliki informasi maka dialah yang menjadi pemenang. Informasi juga merupakan asset bagi suatu organisasi. Manajemen informasi merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan mkemperolehkan informasi, agar informasi efekif (McLeod,1998).
            Pemakai Informasi :
·         Pemakai Internal (staf operasi,manajemen tingkat bawah dan atas)
Contoh :dosen, mahasiswa
·         Pemakai eksternal (pelanggan,pemegang saham,pemasok mitra kerja,dinas,dll)
Contoh : orang tua, DIKTI
Arus informasi
           Dalam suatu organisasi dapat mengalir dengan arah mendatar atau vertikal. Pada arah mendatar, informasi digunakan untuk mendukung kegiatan operasional, yang berupa infomasi rinci tentang transaksi. Pembelian barang, tagihan hutang, dan penggunaan bahan-bahan mentah. Adapun pada arah vertikal, informasi mengarah pada semua level manajemen. Arus informasi yang mengalir keatas berisi rangkuman kinerja operasional. Semakintinggi level manajemen, semakin ringkas informasi yang diperlukan. Arus informasi yang mengalir ke bawah berupa instruksi, kuota, dan anggaran- anggaran. Selain arus informasi mendatar adan vertikal, informasi juga mengalir dari internal ke eksternal atau sebaliknya. Interaksi anatara pelanggan dengan internal organisasi serta pemasok dengan internal organisasi berada pada tataran operasional. Adapun pemegang saham berinteraksi dengan internal organisasi pada level manajemen tingkat atas.
Siklus Informasi adalah data dan informasi yang membentuk suatu siklus. Makna Informasi bersifat relatif terhadap pemakainya.

Kandungan Informasi (Davis,1990)
·         Benar atau salah
·         Baru : Jika baru bagi penerima
·         Tambahan : memperbarui atau memberikan tambahan
·         Korektif : untuk melakukan koreksi benar atau salah dari informasi sebelumnya
·         Penegas : mempertegas informasi yang telah ada
KNOWLEDGE :
·         kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, atau prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan.
·         Informasi yang diorganisir kemudian dicoba dilakukan untuk dijadikan pengetahuan untuk pertama dalam diri sebagai suatu pengalaman.
Hierarki Data
Model database Hierarki merupakan model data yang dimana data tersebut diatur dengan struktur data tree. Struktur ini dapat mewakili informasi menggunakan hubungan child/parent: setiap parent dapat memiliki banyak child, tetapi setiap child hanya boleh memiliki satu parent (yang dikenal juga dengan hubungan 1-ke-banyak). Seluruh atribut dari record yang ditentukan telah diatur dengan tipe entitas.

Pada database tipe entiti sama dengan tabel. Setiap record individual diwakili sebagai baris, dan setiap atribut sebagai kolom. Tipe entiti berhubungan satu sama lain dengan menggunakan pemetaan 1:N, juga dikenal sebagai hubungan satu-ke-banyak. Model ini dikenal sebagai model database awal yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1960-an.
Database hierarki yang paling banyak digunakan saat ini ialah IMS dikembangkan oleh IBM dan Registry Windows oleh Microsoft.
 

Contoh dari data hierarki yang diwakili sebagai tabel relasi
Sebuah organisasi dapat menyimpan informasi pegawai pada tabel yang mengandung atribut/kolom seperti nomor pegawai, nama awal, nama akhir, dan kode departemen. Organisasi menyediakan setiap pegawai dengan hardware computer seperti yang dibutuhkan, namun peralatan komputer hanya dapat digunakan dari pegawai yang telah disetujui. Organisasi dapat menyimpan informasi hardware komputer pada tabel terpisah yang termasuk setiap bagian dari nomor serial, tipe, dan pegawai yang menggunakannya. 



Daftar Refrensi :
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Model_hierarkis
 

No comments: