Saturday, March 23, 2019

Pengertian EDm 02.01 dari Cobit 5.0

EDM02.01 Evaluasi optimasi nilai



Praktis manajemen
EDM02.01 Evaluasi optimasi nilaiSecara terus menerus mengevaluasi portofolio investasi, layanan, dan aset yang dimungkinkan oleh TI untuk menentukan kemungkina besar dalam  mencapai tujuan usaha dan memberikan nilai dengan biaya yang masuk akal. Identifikasi dan lakukan penilaian tentang perubahan dalam arah yang perlu diberikan kepada manajemen untuk mengoptimalkan penciptaan nilai. 

input
Dari 
APO02.05  Peta rancang strategi
APO05.02  Ekspektasi pengembalian investasi
APO05.03  Program yang dipilih dengan tonggak laba atas investasi (ROI)
APO05.06  Hasil manfaat dan komunikasi terkait
BAI01.06  Hasi dari review stage-gate

output
Deskripsi
Evaluasi penyelarasan strategis : APO02.04
APO05.03
Evaluasi portofolio investasi dan layanan APO05.03
APO05.04 APO06.02


Aktifitas :

1. Memahami persyaratan pemangku kepentingan; masalah strategis TI, seperti ketergantungan pada TI; dan wawasan dan kemampuan teknologi mengenai signifikansi potensi IT aktual dan potensi untuk strategi usaha
2. Memahami unsur-unsur utama tata kelola yang diperlukan untuk penyampaian nilai optimal yang andal, aman, dan hemat biaya dari penggunaan layanan, aset, dan sumber daya TI yang ada dan bar.
3. Memahami dan secara teratur mendiskusikan peluang yang dapat muncul dari perubahan perusahaan yang dimungkinkan oleh teknologi saat ini, baru atau yang baru muncul, dan mengoptimalkan nilai yang diciptakan dari peluang tersebut.
4. Memahami apa yang merupakan nilai bagi perusahaan, dan mempertimbangkan seberapa baik itu dikomunikasikan, dipahami dan diterapkan di seluruh proses usaha.
5. Mengevaluasi seberapa efektif strategi perusahaan dan TI telah diintegrasikan dan diselaraskan dalam perusahaan dan dengan tujuan perusahaan untuk memberikan nilai
6. Memahami dan mempertimbangkan seberapa efektif peran, tanggung jawab, akuntabilitas, dan badan pembuat keputusan saat ini dalam memastikan penciptaan nilai dari investasi, layanan, dan aset yang dimungkinkan oleh TI.
7. Pertimbangkan seberapa baik manajemen investasi, layanan, dan aset yang didukung TI selaras dengan manajemen nilai perusahaan dan praktik manajemen keuangan.
8. Mengevaluasi portofolio layanan dan aset investasi untuk penyesuaian dengan tujuan strategis usaha, kegiatan usaha baik secara keuangan maupun non-keuangan; risiko, baik risiko penghantaran dan risiko manfaat; penyelarasan proses bisnis; efektivitas dalam hal kegunaan, ketersediaan, dan daya tanggap; dan efisiensi dalam hal biaya, redundansi, dan kesehatan teknis

No comments: