Saturday, March 16, 2019

Pengertian Domain EDM cobit 5.0

EDM01 Memastikan Kerangka Tata Kelola Pengaturan dan Pemeliharaan


Proses Deskripsi
Menganalisis dan mengartikulasikan persyaratan untuk tata kelola perusahaan IT, dan menempatkan dan memelihara struktur, prinsip, proses dan praktik pendukung yang efektif, dengan kejelasan tanggung jawab dan wewenang untuk mencapai misi, tujuan perusahaan dan tujuan.
Pernyataan Tujuan Proses

Menyediakan pendekatan konsisten yang terintegrasi dan selaras dengan pendekatan tata kelola perusahaan. Untuk memastikan bahwa keputusan terkait TI dibuat sejalan dengan strategi dan tujuan perusahaan, pastikan bahwa proses yang terkait dengan TI diawasi secara efektif dan transparan, kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan peraturan dikonfirmasi, dan persyaratan tata kelola untuk anggota dewan dipenuhi.

Realisasi TI TUJUAN TERKAIT                  \
01 Penyelarasan TI dan strategi bisnis                  
03 Komitmen manajemen eksekutif untuk membuat keputusan terkait TI 
07 Pengiriman layanan TI sejalan dengan persyaratan bisnis                                                                                   
Persen sasaran dan persyaratan strategis perusahaan yang didukung oleh sasaran strategis TI
Tingkat kepuasan pemangku kepentingan dengan ruang lingkup portofolio program dan layanan yang direncanakan
Persen pelaksanaan keputusan terkait TI
Persen peran manajemen eksekutif dengan definisi yang jelas
Jumlah kali TI dalam agenda dewan secara proaktif.
Frekuensi pertemuan komite strategis (eksekutif) TI
Tingkat pelaksanaan keputusan terkait TI eksekutif

Jumlah gangguan bisnis karena insiden layanan TI
Persentase pemangku kepentingan bisnis puas bahwa pengiriman layanan TI memenuhi tingkat layanan yang disepakati.
Persentase pengguna yang puas dengan kualitas pengiriman layanan TI.

Tujuan proses
1.pengambilan keputusan strategis untuk TI efektif dan selaras dengan lingkungan internal dan eksternal dan persyaratan pemangku kepentingan perusahaan.
 2. Sistem tata kelola TI tertanam di perusahaan. 
 3. Jaminan diperoleh bahwa sistem tata kelola TI beroperasi secara efektif. 

MATRIKSTERKAIT Model
Siklus aktual vs target untuk keputusan kunci
Tingkat kepuasan pemangku kepentingan (diukur melalui survei)
Jumlah peran, tanggung jawab, dan wewenang yang ditentukan, ditetapkan, dan diterima oleh bisnis yang tepat danmanajemen TI
Gelaryang dengannya prinsip-prinsip tata kelola TI yang disepakati dibuktikan dalam proses dan praktik (persentase proses dan praktik dengan penelusuran yang jelas ke prinsip-prinsip)
Jumlah contoh ketidakpatuhan terhadap pedoman perilaku etis dan profesional.
Frekuensi tinjauan independen tata kelola TI
Frekuensi tata kelola pelaporan TI Kepada komite eksekutif dan dewan
Jumlah tata kelola masalah TI yang dilaporkan

No comments: