Friday, March 15, 2019

Pengertian Domain EDM 04.02 dan EDM 04.03 Cobit 5.0

EDM04.02 DIRECT RESOURCE MANAGEMENT

Deskripsi
Memastikan adaptasi dari prinsip pengelolaan sumber daya untuk dapat mengoptimalkan penggunaan dari sumber daya IT menggunakan siklus kehidupan ekonomi mereka .



Aktifitas
1. Mengkomunikasikan dan menuntun adaptasi pengelolaan sumber daya dalam segi strategi , prinsip      dan persetujuan rencana dari sumber daya dan strategi arsitektur perusahaan .
2. Menetapkan tanggung jawab dalam menjalankan pengelolaan sumber daya .  
3. Menentukan Tujuan utama , tindakan dan metric untuk pengelolaan sumber daya .
4. Mendirikan prinsip yang bertujuan untuk melindungi Sumber Daya .
5. Meluruskan pengelolaan sumber daya dengan keuangan perusahaan dan perencanaan HR .

EDM04.03 MONITOR RESOURCE MANAGEMENT

Deskripsi
Memonitor tujuan utama dan metric dari proses pengelolaan sumber daya dan menstabilkan bagaimana masalah atau penyimpangan akan diidentifikasi , dilacak , dan dilaporkan untuk dilakukannya perbaikan .




aktifitas

1. Memonitor alokasi dan optimisasi terhadap sumber daya tetap sesuai dengan tujuan perusahaan        dan memprioritaskan menggunakan agreed-on goals dan metric.
2. . Memonitor Strategi Pengumpulan IT , Strategi Arsitektur Perusahaan , Sumber Daya IT dan                Kapabilitas untuk memastikan jika kebutuhan perusahaan saat ini dan di masa yang akan datang          dapat ditemui .  
3. Memonitor kinerja/kemampuan sumber daya terhadap target/tujuan , menganalisis penyebab dari        penyimpangan , dan memulai tindakan perbaikan untuk mengatasi segera akar dari permasalahan        tersebut .

No comments: