Thursday, March 14, 2019

Pengertian Domain EDM 04.01 Cobit 5.0

EDM04.01 EVALUATE RESOURCE MANAGEMENT



Deskripsi
Kebutuhan saat ini dan di masa depan untuk sumber daya yang berhubungan dengan IT, pilihan untuk sumber daya (termasuk strategi sumber), dan prinsip-prinsip alokasi dan manajemen untuk memenuhi kebutuhan perusahaan secara optimal.
INPUT dan output
Dari

APO02.02  Kesenjangan dan perubahan diperlukan untuk mewujudkan kemampuan target
APO07.03  Rencana pengembangan keterampilan
APO10.02 Keputusan hasil evaluasi pemasok

Untuk

APO01.01  Prinsip panduan untuk alokasi sumber       


APO07.01  DAYA DAN KEMAMPUAN
BAI03.11
APO03.01   Prinsip panduan untuk arsitektur perusahaan
APO02.05  Rencana sumber daya yang disetujui

APO07.01
APO09.02

Aktifitas
1. Memeriksa dan membuat penilaian pada strategi saat ini dan masa depan, opsi untuk menyediakan sumber daya TI, dan mengembangkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan kebutuhan masa depan (termasuk opsi sumber daya). Contoh: Membuat pedoman strategi bisnis untuk memenuhi kebutuhan.
2. 
Menentukan prinsip-prinsip untuk memandu alokasi dan pengelolaan sumber daya dan kemampuan sehingga TI dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, dengan kemampuan dan kapasitas yang diperlukan sesuai dengan prioritas yang disepakati dan kendala anggaran.  Contoh: Mengadakan pelatihan tentang bagaimana mengelola sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan anggaran yang disepakati oleh perusahaan,
membuat pedoman penempatan sumber daya.
3. Meninjau dan menyetujui rencana sumber daya dan strategi arsitektur perusahaan untuk memberikan nilai dan mengurangi risiko dengan sumber daya yang dialokasikan. Contoh: Melakukan identifikasi dan menyelaraskan prioritas arsitektur organisasi untuk target nilai.
4. Memahami persyaratan untuk menyelaraskan manajemen sumber daya dengan perencanaan keuangan dan sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Contoh: Membuat pedoman renstra TI
5. Menetapkan prinsip-prinsip untuk manajemen dan kontrol arsitektur perusahaan. Contoh : Forum teknologi untuk menyediakan pedoman arsitektur dan bimbingan teknologi.

No comments: