Tuesday, February 19, 2019

Pengerian Domain Apo02.01 dan Apo02.02


Pengerian Domain Apo02.01


APO02.01 Understand enterprise direction.
Mempertimbangkan lingkungan perusahaan dan proses bisnis saat  ini, serta strategi perusahaan dan tujuan masa depan.
Aktivitas:

Mengembangkan  dan  memelihara  pemahaman  tentang  strategi  dan  tujuan perusahaan, serta lingkungan operasional dan tan tangan perusahaan saat ini.
Mengembangkan dan memelihara pemahaman tentang lingkungan eksternal perusahaan.
Mengidentifikasi  stakeholder  kunci  dan  mendapatkan  wawasan  tentang kebutuhan mereka.
Mengidentifikasi dan menganalisis sumber-sumber perubahan di perusahaan dan lingkungan eksternal.
Memastikan prioritas dalam perubahan strategis.
Memahami arsitektur perusahaan saat ini dan bekerjadengan proses arsitektur perusahaan untuk menentukan  kesenjangan arsitektur potensial


APO02.02 Asses the current environment, capabilities and performance
Menilai kinerja dari bisnis internal saat ini dan kemampuan IT dan layanan IT eksternal, serta mengembangkan sebuah  pengertian untuk arsitektur perusahaan dalam  hubungannya dengan IT. Mengidentifikasi  isu-isu saat ini yang sedang dialami dan mengembangkan rekomendasi didaerah  yang bisa mendapatkan keuntungan untuk  peningkatan. Pertimbangkan  pembeda penyedia layanan dan pilihan dan dampak  keuangan dan potensi biaya dan manfaat  menggunakan layanan eksternal.
Aktivitas:
Mengembangkan dasar dari arus bisnis dan lingkungan TI, kemampuan dan layanan terhadap kebutuhan masa depan yang dapat dibandingkan. Ini harus mencakup detail tingkat tinggi yang relevan dari arsitektur perusahaan saat ini (bisnis, informasi, data, aplikasi dan domain teknologi), risiko, proses bisnis,  proses TI  dan prosedur,  struktur organisasi  IT, penyediaan  layanan eksternal, tata kelola TI, dan perusahaan-keterampil an dan kompetensi yang berhubungan dengan I T.
Identifikasi risiko dari saat ini, teknologi yang potensi dan ditolak.
Identifikasi kesenjangan antara bisnis dengan kemampuan dan layanan TI saat  ini  dan  standar  referensi  dan  praktik  terbaik, bisnis  pesaing  dan kemampuan IT dan tolok ukur perbandingan praktek terbaik dan penyediaan layanan TI yang muncul.
Mengidentifikasi  masalah,  kekuatan,  peluang  dan  ancaman  dalam lingkungan saat ini, kemampuan dan layanan untuk memahami kinerja  saat ini,  dan  mengidentifikasi  area  untuk  perbaikan  dalam  hal  kontribusi  TI untuk tujuan perusahaan.

Sumber : Cobit 5 Enebling Process


No comments: