Wednesday, February 20, 2019

Pengertian domain Apo02.03 dan Apo02.04


Pengertian domain Apo02.03 dan Apo02.04
APO02.03 Define the target IT capabilities


  Mendefinisikan  target  bisnis  dan  kemampuan  TI  dan  layanan-layanan  TI  dibutuhkan. Hal  ini  sebaiknya  berdasarkan  pada  pengertian  lingkungan  dan kebutuhan bisnis; penilaian proses bisnis saat ini serta lingkungan dan masalah TI; dan  pertimbangan  dari  standar  referensi,  praktik  terbaik  dan  teknologi  yang divalidasi atau proposal inovasi yang muncul.
Aktivitas:
1.Mempertimbangkan  teknologi  atau  ide  inovasi  yang  muncul  sudah divalidasi.
2.Mengidentifikasi ancaman dari penurunan, teknologi saat ini  dan yang baru diperoleh.
3.Menentukan tujuan / sasaran IT tingkat tinggi dan bagaimana mereka akan memberikan kontribusi untuk tujuan bisnis perusahaan.
4.Menentukan proses bisnis diperlukan dan diinginkan  dan kemampuan IT dan  layanan  IT  dan  menggambarkan  perubahan  tingkat  tinggi  dalam arsitektur enterprise (bisnis, informasi, data, aplika si dan domain teknologi), bisnis dan proses TI dan prosedur, struk tur organisasi TI. Penyedia layanan TI, tata kelola TI, dan kemampuan IT dan kompetensi.
5.Menyesuaikan dan menyetujui dengan arsitek perusahaan pada perubahan arsitektur perusahaan yang diusulkan.
6.Menunjukkan keter-telusuran untuk strategi dan persyaratan perusahaan.



APO02.04 Conduct a gap analysis
  Mengidentifikasi gap antara  area  saat  ini dan target serta mempertimbangkan penyelarasan dari aset-aset  (kapabilitas  yang mendukung layanan) dengan hasil bisnis untuk mengoptimalkan  investasi  dan pemanfaatan basis aset internal dan eksternal. Mempertimbangkan Critical Success Factor untuk mendukung eksekusi strategi
Aktivitas:
1.Mengidentifikasi semua kesenjangan dan perubahan yang diperlukan untuk mewujudkan lingkungan target.
2.Pertimbangkan  implikasi-tingkat  tinggi  dari  semua  kesenjangan. Mempertimbangkan  nilai  perubahan  potensi  untuk  bisnis  dan  IT kemampuan, layanan IT dan arsitektur enterprise, dan implikasi jika tidak ada perubahan yang menyadari.
3.Menilai dampak dari perubahan potensial pada bis nis dan model operasi TI. Penelitian IT dan kemampuan pengembangan, dan program investasi TI.
4.Perbaiki  definisi  lingkungan  target  dan  mempersiapkan  pernyataan  nilai dengan manfaat lingkungan target

Sumber : Cobit 5 (Enebling process)



No comments: