Monday, June 25, 2018

Perkembangan budaya



Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
            Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.oleh karena itu kita harus melestarikan kebudayaan yang telah kita miliki khususnya budaya tradisional.
Sebagai contoh, jika seseorang berpendendapat bahwa musik klasik adalah musik yang "berkelas", elit, dan bercita rasa seni, sementara musik tradisional dianggap sebagai musik yang kampungan, dan ketinggalan zaman, maka timbul anggapan bahwa ia adalah orang yang sudah "berkebudayaan".
Peradaban atau evolusi suatu modifikasi atau perubahan unsur-unsur kebudayaan suatu masyarakat atau kelompok yang berlangsung secara lambat laun atau bertahap dalam kurun waktu tertentu.dengan adanya evolusi budaya manusia  bisa menyusaikan diri dengan lingkungan dan zaman.karena tidak semua tingkah laku manusia dapat bertahan dalam situasi tertentu.

sumber : wikipedia

No comments: