Monday, February 11, 2019

Peran TI dalam Pendidikan


Peran TI dalam Pendidikan pada Abad ke 21

Ciri menonjol Abad-21salah satunya adalah semakin bertautnya dunia ilmu dan teknologi, sehingga sinergi di antaranya menjadi semakin cepat. Teknologi memiliki peran penting terhadap dunia pendidikan. Karena dengan teknologi lebih efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar.Era digital mampu memberikan dampak bagi pengajar atau peserta didik.
Ø  Digital native student
-          Cepat menerima informasi dari sumber multimedia ; sehingga siswa tanpa menunggu pengajar menjelaskan siswa dapat mempelajari informasi-informasi baru.
-          Parallel processing danmultitasking
-          Proses gambar, suara dan video sebelum teks
-          Akses acak kehyperlink informasi multimedia
-          Interaksi secarasi multan dengan yang lain
-          Belajar“just in time”
-          Ingin reward cepat
-          Belajar yang relevan dan menarik ; karena dengan menggunakan teknologi metode pembelajaran dibuat semenarik mungkin agar lebih mudah dipahami.
Ø  Digital immigrant teacher
-          Lambat dan terkontrol dan memberikan informasi dari sumber terbatas ; sedangakan pada dunia teknologi sumber informasi sangat luas cangkupannya.
-          Single processing dan limited tasking
-          Menyediakan teks sebelum gambar, suara dan video
-          Menyediakan informasi secara linier, logis dan berurutan
-          Ingin siswanya bekerja sendiri daripada berkolaborasi
-          Mengajar“just in case”
-          Menunda reward
-          Mengajarsesuaikurikulum

Ø  Sekolah pada abad ke 21
Beranjak dari bangunan tertutup ketempat terbuka yang menghubungkan guru, siswa dan komunitas untuk mendapatkan pengetahuan yang adadiseluruh penjurudunia. Pendidikan bukan hanya membuat seorang peserta didik berpengetahuan, melainkan juga menganut sikap keilmuan dan terhadap ilmu dan teknologi, yaitu kritis, logis, inventif dan inovatif, serta konsisten, namun disertai pula dengan kemampuan beradaptasi.
Ø  Guru atau tenaga pengajar pada abad ke 21
Dari pemeran utama sebagai sumber informasi menjadi fasilitator yang membantu siswa mengubah informasi menjadi pengetahuan. Karena pada dasarnya tujuan dari pendidikan pada abad ke 21 adalah mengembangkan sikap mandiri dari siswa agar dapat memperoleh ilmu tanpa menunggu proses belajar mengajar dengan guru.
Ø  Siswa pada abad ke 21
Dari belajar pasif di kelas menjadi aktif belajar dimanapun. Siswa dituntut agar aktif belajar sehingga ada perkembangan dunia pendidikan karena pada dulunya siswa hanya bisa menerima ilmu dari guru namun,dengan mengunakan teknologi siswa dapat memperoleh ilmu tanpa menunggu guru. Pada setiap jenjang pendidikan perlu ditanamkan jiwa kemandirian, karena kemandirian pribadi mendasari kemandirian bangsa, kemandirian dalam melakukan kerjasama yang saling menghargai dan menghormati, untuk kepentingan bangsa.
Ø  Referensi untuk pembelajaran pada abad ke 21
Dari buku teks beralih ke berbagai informasi dalam bentuk multimedia. Pada dunia pendidikan dahulu,untuk menambah referensi baik siswa ataupun guru menggunakan buku teks. Namun, seiring perkembangan zaman dan dengan adanya teknologi siswa dan guru dapat memiliki referensi yang bisa diperoleh dengan mudah bahkan gratis melalui multimedia yang biasanya berupa sumber-sumber referensi di internet.
Ø  Peran teknologi dapat dinyatakan dalam bentuk jawaban atas pertanyaan
-          Apa peran teknologi dalam pendidikan abad ke 21?
1.      Kurikulum berbasis kompetensi
2.      Tidak buta Informasi
-          Bagaimana proses pembelajaran pada abad ke 21 dengan menggunakan teknologi ?
1.      Pembelajaran terpusat pada siswa
2.      Mendukung konstruksi pengetahuan
-          Dimana proses pembelajaran pada abad ke 21 berbasis teknologi dilaksanakan?
Belajar dimana saja(tidak terbatas pada tempat)
-          Kapan proses pembelajaran pada abad ke 21 berbasis teknologi dilaksanakan?
Belajar kapan saja(tidak terbatas pada waktu)

Namun, walaupun teknologi terus berkembang untuk menjamin terlaksananya pendidikan yang berkualitas, sistem monitoring yang benar dan evaluasi yang berkesinambungan perlu dikembangkan dan dilaksanakan dengan konsisten.



No comments: