Makalah kewirausahaan Salad Buah
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Usaha
Dalam suatu pemasaran banyak sekali
bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar
dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.
Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan
makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang
tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut
bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan
terlalu mahal.
Masyarakat saat ini berusaha
mengkonsumsi makanan sehat harus menjadi kebiasaaan agar kesehatan badan
terjaga. Hal itu dilakukan dengan memilih makanan alami dan dalam kondisi
segar, tanpa bahan pengawet. Salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi
adalah salad, baik salad sayuran atau buah-buahan.
Salad buah adalah makanan alternatif
yang menyehatkan. Bahkan bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit.
Sayuran dan buah dalam salad kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung
serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna
bagi kesehatan tubuh. Kita sering
tak menyadari, semangkuk kecil salad buah dengan komposisi tepat, akan sangat
berguna bagi ‘kesegaran’ tubuh kita. Salad memberikan kepada tubuh begitu
banyak serat yang pada gilirannya akan menurunkan kolesterol dan mengurangi
sembelit. Dengan hal tersebut, maka saya ingin
membuat usaha makanan atau camilan, yaitu usaha makanan “Salad buah” untuk
dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat selain mandapatkan jajanan
yang sedikit beragam juga mendapatkan manfaat yang terkandung pada masing
masing buah buahan tersebut.
BAB II
BUSINESS
PLAN
A. Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “SALBUT(SALAT BUAH TERBAIK)” sebagai usaha terkenal dengan
berbagai rasa yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1. Mengutamakan kualitas
dalam pelayanan
2. Berorientasi kepada
kepuasan konsumen
3. Mengembangkan inovasi
– inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan usaha di
beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5. Menambah wawasan
tentang cara berwirausaha tentang salad buah
B. Ruang
Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan
di jual di daerah kampus UNEJ tepatnya di
gedung UPT Perpustakaan namun
seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa
menikmati produk salad buah ini terutama bagi yang suka buah dan sayur.
C. Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan
dari produk ini.
2. Membuat
produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan
masyarakat.
3. Memanfaatkan
dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi
produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai
salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat
yang enak dan bergizi.
4. Memperkenalkan
hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang
inimempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana Produk
SALBUT(SALAD
BUAH TERBAIK) ialah salad buah yang dimasukan dalam gelas cup yang dapat
dijadikan camilan bergizi. Adapun bahan utamanya adalah buah-buahan yang
memiliki nilai gizi tinggi.
B.
Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan SALBUT(SALAD
BUAH TERBAIK) ini diantaranya :
1.
Hidangan lezat dan bergizi
2.
Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat
dalam berbagai umur baik anak-anak, remajamaupun orang tua.
3.
Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.
BAB IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
A. Jenis
Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan
ringan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa dimana konsumen dapat memilih langsung buah yang diinginkan. Adalapun
ukuran salad buah ini, yaitu ukuran gelas cup
B. Prospek
Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah,
kalangan manapun tahu dengan produk salad buah
ini. Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha
ini masih kecil-kecilan dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian
khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, & sabar.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Bahan Baku dan
penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
1. Buah Aple ( fuji/hijau )
2. Buah Melon (
hijau/kuning )
3. Buah Semangka
4. Mayonaise
5. Susu
6. Es
batu
7. Gelas
Plastik Cap
8. Sendok
mini Plastik
B. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK) adalah :
1. Pertama kupas semua buah
2. Setelah itu tambahkan potong-potong buah dalam bentuk dadu berukuran kecil-kecil
3. Lalu simpan buah dalam lemari pendingin
4. Masukan buah yang dipilih sesuai dengan
keinginan ke dalam tempat yang berupa gelas cup
5. Tuangkan adonan yaitu seperti mayonise,yakult,susu ke dalam buah
6. Kemudian aduk sampai merata
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis
Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui
analisis SWOT.
1. Strenght
(Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam buah dengan berbagai manfaat yang terkandung padanya dan terjamin dan higienis
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam buah dengan berbagai manfaat yang terkandung padanya dan terjamin dan higienis
2. Weakness
(Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama, minimal kami dapat memper panjang jangkauan kekuatan layak konsumsi produck selama 3 hari jika selama produck kami terletak pada lemari es pendingain,
Produknya mudah ditiru, karena sangat mudah sekali membuatnya namun berbedanya pada saos mayonese kami yang kami jaga betul resep yang ada pada kandungannya.
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama, minimal kami dapat memper panjang jangkauan kekuatan layak konsumsi produck selama 3 hari jika selama produck kami terletak pada lemari es pendingain,
Produknya mudah ditiru, karena sangat mudah sekali membuatnya namun berbedanya pada saos mayonese kami yang kami jaga betul resep yang ada pada kandungannya.
3. Opportunity
(Peluang)
Tempat Strategis, karena pada lingkungan kampus banyak orang yang ingin hidup sehat. Maka peluang mencukupi karena mereka berusaha menjaga pola makan sehatnya.
Tempat Strategis, karena pada lingkungan kampus banyak orang yang ingin hidup sehat. Maka peluang mencukupi karena mereka berusaha menjaga pola makan sehatnya.
4. Threath
(Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah, kami menyiasati ancaman itu dengan selalu mencari inofasi pada produck kami dari segi rasa, dan utamanya adalah kebersihan atau higenisnya dalam produck kami.
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah, kami menyiasati ancaman itu dengan selalu mencari inofasi pada produck kami dari segi rasa, dan utamanya adalah kebersihan atau higenisnya dalam produck kami.
B. Analisis 4P
1. Product
Brand : SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK)
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan gelas cup
2. Price
Untuk harga awal, SALBUD dijual langsung kepada konsumen dengan harga Rp 5000 per
pcs
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami
melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus
berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk
melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook dan twitter.
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di area kampus UNEJ tepatnya pada acara EXPO yang dilakukan oleh PSSI
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target
yaitu wilayah kampus UNEJ. Alasan
memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan
di daerah ini dan juga belum ada yang menjual salad buah di wilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar
kami bertuju pada kalangan mahasiswa
dan masyarakat yang berada di kampus UNEJ.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya
Awal
Biaya Variabel :
1. Buah Aple ( fuji/hijau ) 2kg Rp 25.000
2. Buah Melon (
hijau/kuning ) 1 buah Rp
15.000
3. Buah Semangka 1
buah Rp 10.000
4. Mayonaise 1kg Rp 10.000
5. Susu 2kaleng Rp 18.000
6. Es
batu 10
buah Rp 5.000
7. Gelas
Plastik Cap 50
buah Rp 20.000
8. Sendok
mini Plastik 50
buah Rp 10.000
Keterangan : masing –masing jumlah untuk satu kali penjualan
Biaya Tetap : Rp 113.000
Modal berasal dari pribadi
Total anggota 5 orang
1 orang @Rp 24.000
B. Harga
Per unit
Harga jual 1 Cup Salad Buah Rp 5.000 .
Target
penjualan Banana Cup Salad Buah per hari
adalah 50 cup.
C. Modal
Awal
Total Biaya Awal
= Rp 113.000
D. Analisis
Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari minggu pada tanggal 5 Juni 2016. Berikut rinciannya :
- Pendapatan
= Rp 5.000 x 50 cup = Rp 250.000 dengan
biaya variabel = Rp 113.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 kali penjualan
Rp 250.000 – Rp113..000 = Rp 137.000
E. Pengembalian
Modal
Total modal awal : keuntungan per 1 kali penjualan = Rp 137.000:5orang= Rp 27.000
BAB VIII
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam
usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah
atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk
yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk SALBUT(SALad BUah Terbaik).
BAB IX
PENUTUP
Usaha
SALBUT(SALad BUah Terbaik) ini termasuk
usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang
tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual salad buah dengan isi memilih sendiri sesua dengan keinginan pembeli. Namun
wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus
bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.
lanjut baca artikel klik disini ya kawan....semoga bermanfaat
lanjut baca artikel klik disini ya kawan....semoga bermanfaat
1 comment:
IZIN COPY
Post a Comment