Tuesday, September 26, 2017

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI BIDANG EKONOMI



           


MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI BIDANG EKONOMI





  Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah tidak mampu dihindari dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sendiri kini telah membawa perubahan dalam proses kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Seluruh bidang kehidupan masyarakat telah mendapat pengaruh adanya teknologi informasi dan komunikasi, meliputi bidang sosial, politik, ekonomi dan bidang kehidupan lainnya. Salah satu peran perkembangan teknologi tersebut yang paling dirasakan oleh masyarakat yakni dalam bidang ekonomi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mampu mengubah pola dan kondisi perekonomian masyarakat. Saat ini banyak orang yang berpendapat bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan bagi dirinya. Bahkan saat ini tekonologi informasi dan komunikasi dapat digunakan sebagai produk atau barang yang dapat diperjualbelikan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya bisnis pelayanan informasi seperti stasiun televisi, radio, surat kabar bahkan internet yang jangkauannya hinggu seluruh dunia. Selain itu, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat berfungsi sebagai media oleh masyarakat guna meningkatkan perekonomiannya baik secara individu maupun secara kelompok. Perubahan yang sangat signifikan mendorong masyarakat yang sebelumnya memiliki konsep tradisional dituntut untuk dapat bertransformasi menjadi masyarakat yang era digital.Dengan adanya teknologi, calon konsumen tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke toko untuk mencari barang atau jasa yang dibutuhkannya. Ia cukup duduk di tempat dengan menekan tombol-tombol komputer, menggeser tetikus, dan atau mengetuk layar telepon pintar yang dimiliki. Aktifitas harian juga dipermudah dengan seperti adanya e-banking sehingga para nasabah bank tidak menghabiskan waktu dan jarak tempuh untuk melakukan transaksi. Dengan munculnya e-commerce juga membuka pasar persaingan global. Sehingga produk Indonesia mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. Dengan tersebut ekonomi masyarakat akan terangkat dan masyarakat juga akan cenderung untuk membeli produk-produk luar negeri.
            Teknologi Informasi dan Komunikasi mampu mendukung kelancaran arus informasi di sektor ekonomi. Sentral industri-industri kecil atau industri rumahan sangat perlu dikembangkan proses pemasarannya. Proses pemasaran tersebut dapat melalui media sosial, atau situs-situs jual beli online. Pengaruh TIK dalam hal ini internet pada pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari kontribusinya pada peningkatan nilai tambah jasa atau produk yang dihasilkan dengan pemanfaatan internet. Dalam studi yang dilakukan World Bank  terhadap 120 negara pada tahun 1980 – 2006, menyimpulkan, bahwa kenaikan 10% penetrasi broadband dapat meningkatkan PDB per kapita di negara berkembang sebesar 1,38%. Sedang Mc.Kinsey Global Institute menyatakan bahwa sumbangan internet untuk bagi PDB  tingkat dunia memberikan kontribusi 2,9 persen (Kemkominfo, 2012). Sehingga dari hasil studi diatas dapat diketahui bahwa peran teknologi dalam peningkatan PDB sangat memberikan dampak positif yang cukup signifikan. PDB (Product Domestic Bruto) menjelaskan jumlah barang dan jasa yang dapat dihasilkan pada suatu wilayah dan kurun waktu tertentu. PDB dapat digunakan acuan untuk menghitung tingkat kemampuan perekonomian yang ditunjukkan pada suatu wilayah tersebut.
Pengaruh era globalisasi memberi tekanan bagi masyarakat terutama bagi para pengusaha karena mereka dituntut agar mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan di dunia secara kompeten. Hal ini menjadikan dasar mengapa sebuah perusahaan mengharuskan para pegawainya “melek teknologi”, karena perusahaan harus memberi inovasi secara terus menerus agar mereka mampu bertahan dalam dunia bisnis. Terlebih lagi alasan perusahaan menggunakan Teknologi informasi dan Komunikasi agar perusahaan dapat lebih mudah berkomunikasi dengan client atau konsumen. Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi penyebaran informasi jauh lebih mudah. Jika perusahaan di Indonesia mampu bersaing bahkan mengalahkan perusahaan di negara lain hal ini akan membuat pemasukan negara semakin bertambah. Semisal dengan adanya bisnis online shop produk indonesia mampu di ekspor ke luar negeri sehingga hal tersebut akan mampu menambah devisa negara. Bahkan untuk saat ini proses penerimaan karyawan pun dilakukan secara online. Semakin tingginya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi suatu negara dapat menjadikan negara tersebut membuka lowongan pekerjaan bagi tenaga siap kerja yang memiliki skill dalam menjalankan teknologi informasi dan komunikasi. Pegawai yang dibutuhkan juga semakin sedikit sehingga perusahaan tidak membutuhkan dana yang berlebih untuk membayar pegawai.

           
Sumber Referensi:
Arif Eka Sulthany.2013.Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.Volume.5
Sri Maharsi.2000.Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 2, Nopember 2000: 127 – 13
Sri Wahyuningsih. Dampak Indeks Konektivitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Pertumbuhan Perekonomian. Buletin Pos dan Telekomunikasi, Vol.11 No.4 Desember  2013 : 335-344
Setyaningsih Sri Utami.2010. Pengaruh Teknologi Informasi Dalam  Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 8, No. 1, April 2010 : 61 – 67
Djauhari, Marhum. 2008. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Pedesaan. Jurnal Buletin Pos dan Komunikasi, Volume. 6 No. 1 Maret 2008.

No comments: