Sunday, March 10, 2019

Pengertian Domain EDM 03.01 Cobit 5.0

EDM03.01 EVALUATE RISK MANAGEMENT



Deskripsi
Terus memeriksa dan membuat penilaian tentang dampak risiko pada penggunaan TI saat ini dan di masa depan dalam perusahaan. Pertimbangkan apakah selera risiko perusahaan sesuai dan risiko nilai perusahaan terkait dengan penggunaan TI diidentifikasi dan dikelola.
Proses ini bertujuan untuk mengevaluasi dan membuat penilaian tentang dampak langsung dan dampak jangka panjang dari resiko penggunaan TI pada organisasi. Penilaian kapabilitas dilakukan terhadap aktifitas (base practices) yang dilakukan dan output (work product) yang dihasilkan oleh organisasi dari setiap proses pada EDM03.01.

Input dan output
Dari

APO12.01 Masalah dan faktor risiko yang muncul
Luar COBIT   Prinsip manajemen risiko perusahaan
Untuk

APO12.03  Panduan pertumbuhan risiko TI
APO12.03  Level batas risiko TI yang disetujui
APO12.01  Laporan evaluasi aktifitas manajemen risiko

AKTIFITAS
1. Menentukan level resiko penggunaan TI pada organisasi untuk                                            membantu pencapaian strategi Organisasi (contoh: menentukan level resiko TI              yang berelasi dengan resiko organisasi)
2. Mengevaluasi dan menyetujui batasan resiko TI yang dapat diterima oleh organisasi        (contoh: membuat dokumentasi hasil evaluasi dan batasan resiko TI) 
3. Menentukan keselarasan strategi resiko TI dengan strategi resiko organisasi (contoh: membuat dokumen keselarasan antara resiko TI dan resiko organisasi)
4. Mengevaluasi faktor resiko TI yang dapat menggangu pengambilan keputusan organisasi dan memastikan keputusan pencegahan resiko sudah diambil (contoh: membuat dokumen faktor resiko TI)
5. Menentukan resiko TI dinilai dan dievaluasi sesuai dengan standar nasional dan                internasional yang relevan (contoh: memakai pedoman standar nasional dam                  internasional)
6. Mengevaluasi aktifitas manajemen resiko untuk memastikan kesesuaian dengan kerugian yang terkait dengan TI dan kemampuan organisasi dalam mengatasinya (contoh: laporan evaluasi kerugian dari resiko TI)


No comments: