Sunday, February 24, 2019

Pengertian Apo 03.01 dan Apo 03.02



APO03.01 Develop the enterprise
architecture vision.
Aktivitas:
Mengidentifikasi para pemangku kepentingan utama dan pihak-pihak yang terkait, dan menetapkan persyaratan perusahaan utama yang harus dikagumi serta pandangan arsitektur yang akan dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemangku kepentingan.
Mengidentifikasi tujuan perusahaan dan penggerak strategis perusahaan dan menentukan kendala yang harus dihadapi, termasuk kendala perusahaan yang luas dan kendala spesifik proyek
Sejajarkan tujuan dengan prioritas program strategis
Memahami kemampuan dan keinginan bisnis, kemudian mengidentifikasi opsi untuk mewujudkan kemampuan tersebut.
Menilai kesiapan perubahan perusahaan
6.Tetapkan apa yang ada di dalam dan apa yang ada di luar lingkup arsitektur baseline dan upaya arsitektur target, dengan memahami bahwa baseline dan target tidak perlu dijelaskan pada tingkat detail yang sama.
7.Konfirmasikan dan jelaskan prinsip arsitektur, termasuk prinsip perusahaan. Pastikan bahwa definisi yang ada terkini dan klarifikasi bidang apa punambiguitas.
8.Peluang arsitektur dimanfaatkan dalam pengembangan rencana strategis.
9. Berdasarkan keprihatinan pemangku kepentingan, persyaratan kemampuan bisnis, ruang lingkup, kendala dan prinsip, buat visi arsitektur: pandangan tingkat tinggi
10. Tetapkan proposisi nilai tujuan arsitektur, tujuan dan metrik.
11.menguraikan risiko perubahan perusahaan yang terkait dengan visi arsitektur, menilai tingkat risiko awal (mis., kritis, marjinal, atau dapat diabaikan) dan mengembangkan strategi mitigasi untuk setiap risiko yang signifikan.
Enterprise Arhitecture
Arsitektur Bisnis
Arsitektur Aplikasi
Arsitektur Informasi
Arsitektur Teknologi

. APO03.02 Define reference architecture
.
Aktivitas:
Menjaga repositori arsitektur yang berisi standar, komponen yang dapat digunakan kembali, memodelkan artefak, hubungan, dependensi, dan pandangan agar memungkinkan keseragaman organisasi arsitektur dan pemeliharaan.
memilih titik pandang referensi dari repositori arsitektur yang akan memungkinkan arsitek untuk diwujudkan
Untuk setiap sudut pandang, pilih model yang diperlukan untuk mendukung tampilan spesifik yang diperlukan, menggunakan alat atau metode yang dipilih dan tingkat yang sesuai dekomposisi.
Mengembangkan deskripsi domain arsitektural dasar, menggunakan ruang lingkup dan tingkat perincian yang diperlukan untuk mendukung arsitektur target
Mempertahankan model arsitektur proses sebagai bagian dari deskripsi domain target
Penggunaan informasi secara optimal untuk pengambilan keputusan.
Mendefinisikan komponen baru atau yang dimodifikasi yang harus dikembangkan untuk arsitektur target.
Melakukan tinjauan pemangku kepentingan formal dengan memeriksa arsitektur yang diusulkan terhadap motivasi asli untuk proyek arsitektur
Menyelesaikan bisnis, informasi, data, aplikasi dan arsitektur domain teknologi, dan membuat dokumen definisi arsitektur.

No comments: