Friday, December 14, 2018

sejarah lahirnya pancasila


SEJARAH LAHIRNYA PANCASILA


Bagi masyarakat warga negara indonesia sudah seharusnya kita harus tahu bagimana lahirnya suatu pancasila yang sampai saat ini menjadi dasar bagi bangsa indosenesia terus simak sejarah mengenai indonesia di blog saya.

Di dalam dunia yang penuh dengan persaingan yang sangat ketat ini makna "Pancasila" seakan terlupakan oleh sebagian besar masyarakat bangsa Indonesia. Padahal sejarah perumusannya melalui proses yang sangat panjang yang dilakukan oleh para pendiri negara ini. Pengorbanan tersebut akan sia-sia apabila kita tidak menialankan amanat para pendiri negara melalui Pancasila yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4.

Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan ke- bulatan yang tidak terpisahkan karena setiap sila dalam Pancasila mengandung empat sila lainnya dan kedudukan dari masing.masing sila tersebut tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. Hal tersebut tepay dengan susunan sila pancasila yang bersifat sistematis dan hierarkis, yang artinya bahwa kelima sila dalam pancasila itu menunjukkan suatu rangkaian dari urutan-urutan yang bertingkat-tingkat, dimana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di area rangkaian susunan kesatuan tersebut sehingga tidak dapat diubah.

Bagi negara Indonesia, pengertian yang sesungguhnya dari suatu Pancasila ialah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara bangsa indonesia. Kedua pengertian tersebut sudah selayaknya dipahami oleh bangsa Indonesia. Selain dari pengertian tersebut, Pancasila memiliki beberapa sebutan berbeda, yaitu:

1 . Pancasila sebagai jiwa bangsa,
2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa.
3. Pancasila sebagai sumber dari Sega a sumber hukum.

Meskipun begitu begitu, banayk sebutan-sebutan nama lain untuk Pancasila bukanlah merupakan salah satu kesalahan atau pelanggaran namun dapat dijadikan sebagai salah satu kekayaan akan arti dari Pancasila bagi bangsa Indonesia. Hal yang terpenting dalam perbedaan penyebutan itu tidak mengaburkan hakikat Pancasila yang sesungguhnya yaitu sebagai dasar negara. Tetapi, pengertian pancasila tidak dapat ditafsirkan oleh sembarang orang karena akan dapat mengaburkan maknanya dan pada akhirnya merongrong dasar negara, seperti yang pernah terjadi di masa lalu.

Untuk itu kita sebagai generasi penerus, bersama untuk senantiasa menjaga kelestarian nilai-nilai Pancasila sehingga apa yang pernah terjadi di masa lalu tidak akan teredam di masa yang akan datang.

No comments: