Thursday, December 13, 2018

Makna Pendidikan Moral


Makna Pendidikan Moral



Arti "pendidikan moral' • ialah bertujuan membantu pelajar/mahaswa/i untuk mengenali nilai-nilai dan menempatkannya seeara integral dalam kontekskeseluruhan hidupnyr Pendidikan semaeam ini semakin penting dan menempati posisi sentral karna tingkat kadar persatuan dan kesatuan terutama yang berkaitan dengan kesadaran akan nilai-nilai dalam masyarakat akhir-akhir ini eenderung semakin "pudar"

Sesungguhnya pendidlkan nilai itu adalah pemanusiaan manusia manusia hanya "menjadi manusla•• bila ia berbudi luhur,. berkehendak haik sertu mampu mengaktuuliusikan diri dun mengemhangkan budi , dan kehendaknya seeara jLIJur baik dikeluarga, dimasyarakat Negara, dan di lingkungan dimana ia berbeda.

Ada gejala hahwa pendidikan dalam pengujaran ditekakankan segera untuk  memperoleh keterampilum Keterampilan memang berrmanfaa untuk jangka pendek. tetapi melupakan pembinaan sikap sebagai manifestasi pendidikan  moral yang lustru diperlukan bagi pembinaan hidupnya Akibatnya peserta didik berlomba-lomha berlatih dalam bidang tertentu demi sukses pribadi tanpa memikirkan efek samping dan akibat yang ditimbullkannya.

Visi Pendidikan Kewarganegaraan adalah merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengemhangan dan penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi, guna mengantarkan mahasisvvanya memantapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya. Mist Pendldikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya, agar seeara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Paneasila, rasa kebangsaaan dan einta tanah air dalam menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) dengan rasa tanggung jawab dan bermoral. Berdasarkan pengertian tersebut maka kompetensi mahasisna pada pendidikan tinggi tidak dapat dipisahkan dari filsafah bangsa indonesia.


Daftar Pustaka : Buku Pendidikan Kewarganegaraan bagi mahasiswa

No comments: