Tuesday, December 18, 2018

Bisnis dan Etika Bisnis


Bisnis dan Etika Bisnis



·                   Bisnis adalah organisasi yang produktif. Sebuah "entitas" (perseorangan / kelompok) yang menciptakan barang dan jasa untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan (Business Ethics Stanford Encylopedia of Philosophy 2008)
·         
        Business ethics / Corporate ethics (Etika Bisnis) adalah suatu bentuk etika profesi mengatur prinsip   etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis (Business Ethics, Encylopedia of Philosophy 2008).
·         
      Etika bisnis berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa. Etika bisnis berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada.

 Hal yang Mendasari Perlunya Etika Bisnis
·                 Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib manusia yang terlibat di dalamnya.
·         Bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat.
·        
      Bisnis juga membutuhkan etika yang setidaknya mampu memberikan pedoman bagi pihak  pihak yang melakukannya.
·         Memahami etika bisnis memberi pelajaran bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yang mendapat keuntungan semata, melainkan bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat didalamnya.

Prinsip - Prinsip Etika Bisnis
Prinsip Etika Bisnis menurut Caux Round Table:
·                    Tanggung jawab bisnis : dari shareholders ke stakeholders
·                    Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis : menuju inovasi, keadilan dan komunitas dunia
·                    Perilaku bisnis : dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya
·                   Sikap menghormati aturan
·                   Dukungan bagi perdagangan multilateral
·                   Sikap hormat (memperhatikan) lingkungan alam
·                   Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak etis

Masalah Etika dalam Bisnis
·                Masalah etika dalam bisnis (ethica/ issues in business) adalah sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak etis.
·                Dalam bisnis, pilihan seperti itu sering mempeftimbangkan "keuntungan materi" .
·               Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis dari sebuah keputusan/tindakan adalah denganmelihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.
·                Haruskah produsen Obat pe/angsing membuat Waim yang tidak berdasar atas produk mereka?
·               Haruskah seorang pekerja membocorkan rahasia bisnis mantan majikannya demi mendapatkan pekerjaan yan /ebih baik dengan pesaing?
·                Haruskahseorang marketing produk menyembunyikan fakta berupa catatan kekurangan produknya ketika presentasi kepada ca/on customer ?

No comments: