· Bisnis adalah organisasi yang produktif. Sebuah
"entitas" (perseorangan / kelompok) yang menciptakan barang dan jasa
untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan (Business Ethics Stanford
Encylopedia of Philosophy 2008)
·
Business ethics / Corporate ethics (Etika
Bisnis) adalah suatu bentuk etika profesi mengatur prinsip etika dan masalah
etika dalam lingkungan bisnis (Business Ethics, Encylopedia of Philosophy
2008).
·
Etika bisnis berlaku untuk semua aspek dalam
bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi
barang dan jasa. Etika bisnis berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun
sistem hukum yang ada.
Hal yang Mendasari Perlunya Etika Bisnis
· Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk
tujuan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib
manusia yang terlibat di dalamnya.
·
Bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat.
·
Bisnis juga membutuhkan etika yang setidaknya
mampu memberikan pedoman bagi pihak pihak yang melakukannya.
·
Memahami etika bisnis memberi pelajaran bahwa
bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yang mendapat keuntungan semata,
melainkan bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang baik antar manusia yang
terlibat didalamnya.
Prinsip - Prinsip Etika Bisnis
Prinsip Etika Bisnis menurut Caux Round Table:
· Tanggung jawab bisnis : dari shareholders ke
stakeholders
· Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis : menuju
inovasi, keadilan dan komunitas dunia
· Perilaku bisnis : dari hukum yang tersurat ke
semangat saling percaya
· Sikap menghormati aturan
· Dukungan bagi perdagangan multilateral
· Sikap hormat (memperhatikan) lingkungan alam
· Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak
etis
Masalah Etika dalam Bisnis
· Masalah etika dalam bisnis (ethica/ issues in
business) adalah sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi
yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi
sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak etis.
· Dalam bisnis, pilihan seperti itu sering mempeftimbangkan
"keuntungan materi" .
· Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis
dari sebuah keputusan/tindakan adalah denganmelihat dari sudut pandang
customer dan kompetitor.
· Haruskah produsen Obat pe/angsing membuat Waim
yang tidak berdasar atas produk mereka?
· Haruskah seorang pekerja membocorkan rahasia
bisnis mantan majikannya demi mendapatkan pekerjaan yan /ebih baik dengan
pesaing?
· Haruskahseorang marketing produk menyembunyikan
fakta berupa catatan kekurangan produknya ketika presentasi kepada ca/on
customer ?
No comments:
Post a Comment