Thursday, July 5, 2018

MASYARAKAT DAN PERADABAN





Jika mengacu pada perbedaan manusia antara yang beradab dan biadab (manusia yang berbudaya), maka peradaban dapat pula berarti tahapan yang tingi pada skala evolusi.





Karakteristik utama melekat pada perbedaan tingkat intelektual, perasaan keindahan, penguasaan teknologi, dan tingkat spiritual yang dimilikinya.


Evolusi budaya, menurut Alvin Tofler dalam bukunya “The Third Wave“, terjadi dalam 3 (tiga) gelombang, yaitu : 
Pertama,

Gelombang ini terjadi pada masa-masa tradisional, di mana tekhnologi masih belum ditemukan. Kehidupan sosial-budaya masyarakat pada gelombang ini pun masih dianggap tradisional. Disebut tahap peradaban pertanian.
 
Kedua, evolusi budaya tahap peradaban industri. Yang ditandai dengan penemuan mesin uap, energi listrik, mesin untuk mobil dan pesawat terbang. Disebut sebagai revolusi industri.
Ketiga, tahapan evolusi budaya yang lebih modern dan serba canggih atau dapat juga disebut sebagai tahap peradaban informasi. Penemuan-penemuan di bidang tekhnologi informasi dan komunikasi dengan komputer atau alat komunikasi digital dapat dijadikan tolok ukurnya. 
Penyebaran Modernisasi

gejala modernisasi pada awalnya hanya terdapat pada daerah-daerah yang kebudayaannya satu jenis, yaitu kebudayaan Barat yang direpresentasikan oleh Eropa dan Amerika Utara, dan kemudian menyebar lebih luas lagi kebeberapa daerah yang kebudayaannya jauh berbeda dengan kebudayaan barat (Eropa dan Amerika Utara).


 

No comments: