Tuesday, March 14, 2017

Proses Sistem informasi

Proses Sistem Operasi

            Proses merupakan suatu aktivitas pada program yang sedang di eksekusi atau dijalnkan oleh sebuah sistem, namun banyak pada implementasiannya kita sering menggunakan proses ini secara bersama dengan proses lain dalam satu waktu yang di sebut juga dengan sinkronisasi. Dalam menjalankan proses sinkronisai sering mengalami kendala pada sistem yang di karenakan banyak data-data yang crash dalam prosesnya yang mengakibatkan data tersebut menjadi tidak kongkruen.
            Sinkronisasi proses data secara bersamaan kemudian proses tersebut di bagi bersama yang dapat mengakibatkan inkosistensi data. tujuan dari sinkronisasi itu sendiri yaitu untuk menghindari terjadinya inkonsitensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses tersebut ,sehingga dapat berjalan dengan baik dan sesuai apa yang di inginkan.
            Adapun ada beberapa masalah atau kendala yang terjadi ketika ketika mengeksekusi proses secara bersamaan pada sistem operasi, seperti masalah Race condition dan Critical section. Race conditon sendiri adalah memproses kedua data pada directori yanng sama dan hasil dari kedua proses tersenut bergantung pada proses yang terahir di eksekusi oleh sistem. Critical section sendiri yaitu sebuah segmen kode di mana sebuah proses yang mana sumber daya bersama diakses.
(08-03-2017 , 22.30)
Semaphore
Semaphore adalah salah satu teknik sinyal sederhana, dan merupakan konsep penting dalam OS desain, dimana sebuah nilai integer digunakan untuk pensinyalan antara proses. Hanya tiga operasi yang mungkin dilakukan pada semaphore, yang semuanya atom: inisialisasi, penurunan, dan penaikan. Operasi pengurangan dapat mengakibatkan terhalangnya proses, dan kenaikan dari pengoperasian yang sedang berlangsung dapat mengakibatkan terblokirnya suatu proses. Hal ini juga dikenal sebagai sebuah perhitungan semaphore atau semaphore umum.
(09-03-2017 , 22.20)

Mutual Exclusion
Mutual Exclusion adalah suatu cara yang menjamin jika ada sebuah proses yang menggunakan variabel atau berkas yang sama (digunakan juga oleh proses lain), maka proses lain akan dikeluarkan dari pekerjaan yang sama. Jadi, Mutual Exclusive terjadi ketika hanya ada satu proses yang boleh memakai sumber daya, dan proses lain yang ingin memakai sumber daya tersebut harus menunggu hingga sumber daya tadi dilepaskan atau tidak ada proses yang memakai sumber daya tersebut.
(09-03-2017 , 22.30)
Monitor dalam sistem operasi
Monitor adalah kumpulan prosedur, variabel dan struktur data di satu modul atau paket khusus. Proses dapat memanggil prosedur-prosedur kapan pun diinginkan. Tapi proses tak dapat mengakses struktur data internal dalam monitor secara langsung. Hanya lewat prosedur-prosedur yang dideklarasikan minitor untuk mengakses struktur internal.
                (08-03-2017 , 22.00)
1.      Monitor : Mutual Exclusion dengan Semaphore
Monitor dibagi kedalam tiga jenis, berikut adalah contoh-contoh monitor yaitu :
A. Monitor dengan Signal (Monitor Hoare)
Monitor ini mempunyai prosedur didalam modul monitor dimana hanya dapat diakses oleh prosedur lokal, jika suatu proses masuk kedalam monitor yaitu dengan cara meminta salah satu prosedur yang terdapat pada monitor. Suatu saat hanya terdapat satu proses yang dapat dieksekusi dalam monitor(proses lainnya menunggu giliran dan tidak membutuhkan semaphore). Jika terdapat data variabel global maka akan dapat dilindungi bila ditempatkan didalam monitor.
B. Monitor dengan Notify (Monitor Lampson-Redell)
Adapun tujuan dari Monitor dengan Notify adalah untuk mengatasi kelemahan yang terdapat di monitor. Pada cnotify berfungsi untuk memberitahu kondisi dari proses di dalam antrian (misal : not empty, not full, dll). Proses dalam antrian tersebut tidak harus segera dieksekusi, namun menunggu hingga monitor dalam kondisi tidak sibuk, maka diperlukan pengecekan status monitor (looping).


C. Monitor dengan Broadcast (Monitor Lampson-Redell)
Monitor dengan Broadcast merupakan pengembangan daripada monitor sebelumnya yaitu Monitor dengan Notify. Cbroadcast digunakan pada kondisi dimana jumlah proses yang harus diaktifkan tidak diketahui secara pasti, cbroadcast(x) akan membuat seluruh proses didalam antrian akan diubah statusnya menjadi ready ketika menunggu eksekusi kondisi x. (Afkarshad, 2014)
(09 Maret 2017 22.45)
Message Passing adalah proses komunikasi antar bagian sistem untuk membagi variabel yang dibutuhkan. Proses ini menyediakan dua operasi yaitu mengirim pesan dan menerima pesan. Kegunaan Message Passing :
  • Shared-memory pada multiprocessor
  • Shared-memory pada uniprocessor
  • Sistem terdistribusi
(08-03-2017 , 22.30)
Barrier
Dalam komputasi paralel , barrier adalah jenis metode sinkronisasi . Sebuah penghalang untuk sekelompok rangkaian atau proses dalam kode sumber (source code) yang berarti setiap thread / proses harus berhenti pada titik ini dan tidak dapat melanjutkan sampai semua rangkaian lainnya / proses mencapai penghalang ini.
Penghalang dasar memiliki terutama dua variabel, salah satunya mencatat pass / stop keadaan penghalang, yang lain yang membuat jumlah total rangkaian yang telah masuk dalam penghalang. Keadaan penghalang diinisialisasi menjadi "berhenti" dengan rangkaian pertama datang ke penghalang. Setiap kali thread memasuki, berdasarkan jumlah rangkaian yang sudah di penghalang, hanya jika itu adalah yang terakhir, rangkaian mengatur keadaan penghalang untuk menjadi "lulus" sehingga semua rangkaian bisa keluar dari penghalang. Di sisi lain, ketika thread yang masuk tidak yang terakhir, itu terjebak dalam penghalang dan terus menguji apakah keadaan penghalang berubah dari "berhenti" untuk "lulus" dan itu akan keluar hanya ketika perubahan keadaan penghalang untuk menjadi "lulus". (Wikipedia)

(09-03-2017 22:37)

No comments: