Thursday, February 14, 2019

Pengertian domain APO 01.01 Cobit 5.0


APO01.01

Define the Organisational Structure
      Membentuk organisasi internal dan diperluas struktur yang mencerminkan kebutuhan bisnis dan prioritas TI. Tempatkan struktur manajemen yang diperlukan (mis.,komite) yang memungkinkan terjadinya pengambilan keputusan manajemen dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Aktivitas

1.Tentukan ruang lingkup, fungsi internal dan eksternal, peran internal dan eksternal, dan kapabilitas serta hak keputusan yang diperlukan, termasuk aktivitas TI tersebut dilakukan oleh pihak ketiga.
2.Identifikasi keputusan yang diperlukan untuk pencapaian hasil perusahaan dan strategi TI, dan untuk manajemen serta pelaksanaan layanan TI.
3.Menetapkan keterlibatan pemangku kepentingan yang kritis terhadap pengambilan keputusan (penanggung jawab, pelaksana, konsultan atau penginformasi).
4.Sejajarkan organisasi terkait TI dengan model organisasi arsitektur perusahaan.
5.Tetapkan fokus, peran, dan tanggung jawab masing-masing fungsi dalam struktur organisasi terkait TI.
6.Tetapkan struktur dan hubungan manajemen untuk mendukung fungsi dan peran manajemen dan pelaksanaan, sejalan dengan arahan tata kelola yang ditetapkan.
7.Membentuk komite strategi TI (atau yang setara) di tingkat dewan. komite ini harus memastikan bahwa tata kelola TI, sebagai bagian dari tata kelola perusahaan ditangani secara memadai; memberi saran tentang arah strategis; dan tinjau investasi besar atas nama dewan penuh
8.Membentuk komite pengarah TI (atau yang setara) yang terdiri dari eksekutif, bisnis, dan manajemen TI untuk menentukan prioritas program investasi yang dimungkinkan oleh TI sejalan dengan strategi dan prioritas bisnis perusahaan; melacak status proyek dan menyelesaikan konflik sumber daya; dan memantau tingkat layanan dan peningkatan layanan
9.Memberikan pedoman untuk setiap struktur manajemen (termasuk mandat, tujuan, peserta rapat, waktu, pelacakan, pengawasan dan pengawasan) serta input yang diperlukan untuk dan hasil yang diharapkan dari pertemuan
10.Menentukan aturan dasar untuk komunikasi dengan mengidentifikasi kebutuhan komunikasi, dan mengimplementasikan rencana berdasarkan kebutuhan tersebut, dengan mempertimbangkan top-down, komunikasi dari bawah ke atas dan horizontal.
11.Membangun dan memelihara struktur koordinasi, komunikasi, dan penghubung yang optimal antara fungsi bisnis dan TI dalam perusahaan dan dengan entitas di luar perusahaan.
12.Secara teratur memverifikasi kecukupan dan efektivitas struktur organisasi.



No comments: