Wednesday, October 4, 2017

Kewirausahaan Donat Ungu



    Donat Ungu
A.   Latar Belakang
               
Usaha adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan meningkatkan taraf hidup seseorang untuk lebih baik. Kita dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang semaksimal mungkin. Memulai usaha dalam bidang apapun, kita harus diketahui peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para konsumen. Mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas. Mempersiapkan mental dan keberanian dalam memulai usaha, Singkirkan hambatan rasa malu, takut gagal antara berkeinginan dan keraguan. Harus siap menghadapi resiko pekerjaannya, sudah diperhitungkan artinya risiko yang diambil tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Banyak orang yang ingin membuat suatu acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga.
Maka kebanyakan dari mereka lebih memilih hal- hal yang instan. Adanya persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi suatu makanan yang tidak kalah menarik dengan makanan instan, dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan. Saya bernisiatif membuat Donat Ungu Mini yaitu makanan yang berbahan seperti donat seperti biasa tetapi ada keunikan di dalamnya. Makanan yang mempunyai rasa manis, bertekstur lembut jika di lidah serta hemat di kantong.

B.     Deskripsi Usaha
Usaha yang sedang kami jalankan yaitu dalam produksi kue donat. Donat yang sedang kami buat sama halnya dengan donat pada umumnya, tetapi kami memiliki ide untuk menambahkan ubi ungu di dalam adonan donat tersebut agar nilai dari donat tersebut bias memberi manfaat pada kesehatan para pembeli. Selain itu kami juga membentuk donat tersebut dengan ukuran yang lebih kecil dari donat pada umumnya agar memiliki ciri khas dari donat-donat pada umumnya.


C.     Analisa
1.      Analisa aspek pemasaran
Target pertama pada pemasaran kami adalah mahasiswa di lingkungan kampus, namun dalam implementasi yang kami lakukan target utama kita tidak bisa terpenuhi di sebabkan oleh cuaca yang kurang mendukung, tetapi kita mempunyai planing untuk memasarkannya kepada masyarakat kebetulan pada proses pembuatan kita berada di lingkungan masyarakat yang padat penduduk kita coba tawarkan produk kita dan produk terjual 10 bungkus di tempat lingkungan tersebut.


D.    Perhitungan Laba
Produk donat yang kami buat dengan harga Rp.3000 perbungkus tiap bungkusnya ada 4 donat ungu di dalamnya, berikut rincian pengeluaran pada penjualan produk kami :

Nama bahan
Banyaknya
Harga
1.      Tepung terigu
½ kg
Rp. 4.000
2.      Telur
4 butir
Rp. 4.000
3.      Susu bubuk
2 sachet ukuran kecil
Rp. 5.000
4.      Panili / ragi
1 sachet
Rp. 3.000
5.      Gula
1 ons
Rp. 2.000
6.      pernipan
1 sachet
Rp. 1.000
7.      mentega
2 ons
Rp. 2.000
8.      Coklat
120 gram
Rp. 4.000
9.      Trimit
1 ons
Rp. 4.000
10.  Mika
20 biji
Rp. 3.000
Total harga
Rp. 32.000

Sedangkan produk yang kami buat yaitu 12 bungkus jadi total 12 x 3.000 = 36.000, jadi laba yang kita dapat dari penjualan tersebut adalah Rp. 3.000

No comments: