A. Latar Belakang
Usaha
adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan meningkatkan taraf hidup
seseorang untuk lebih baik. Kita dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang
semaksimal mungkin. Memulai usaha dalam bidang apapun, kita harus diketahui
peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para konsumen. Mampu menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk
bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas.
Mempersiapkan mental dan keberanian dalam memulai usaha, Singkirkan hambatan
rasa malu, takut gagal antara berkeinginan dan keraguan. Harus siap menghadapi
resiko pekerjaannya, sudah diperhitungkan artinya risiko yang diambil tidak
terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Banyak orang yang
ingin membuat suatu acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya
dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk
membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu
dan tenaga.
Maka kebanyakan dari
mereka lebih memilih hal- hal yang instan. Adanya persaingan yang cukup ketat
dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi
suatu makanan yang tidak kalah menarik dengan makanan instan, dan tentunya
mampu bersaing dalam pasar makanan. Saya bernisiatif membuat Donat Ungu Mini
yaitu makanan yang berbahan seperti donat seperti biasa tetapi ada keunikan di
dalamnya. Makanan yang mempunyai rasa manis, bertekstur lembut jika di lidah
serta hemat di kantong.
B. Deskripsi Usaha
Usaha yang sedang kami
jalankan yaitu dalam produksi kue donat. Donat yang sedang kami buat sama
halnya dengan donat pada umumnya, tetapi kami memiliki ide untuk menambahkan
ubi ungu di dalam adonan donat tersebut agar nilai dari donat tersebut bias
memberi manfaat pada kesehatan para pembeli. Selain itu kami juga membentuk
donat tersebut dengan ukuran yang lebih kecil dari donat pada umumnya agar
memiliki ciri khas dari donat-donat pada umumnya.
C. Analisa
1. Analisa aspek pemasaran
Target pertama pada
pemasaran kami adalah mahasiswa di lingkungan kampus, namun dalam implementasi
yang kami lakukan target utama kita tidak bisa terpenuhi di sebabkan oleh cuaca
yang kurang mendukung, tetapi kita mempunyai planing untuk memasarkannya kepada
masyarakat kebetulan pada proses pembuatan kita berada di lingkungan masyarakat
yang padat penduduk kita coba tawarkan produk kita dan produk terjual 10
bungkus di tempat lingkungan tersebut.
D. Perhitungan Laba
Produk donat yang kami
buat dengan harga Rp.3000 perbungkus tiap bungkusnya ada 4 donat ungu di
dalamnya, berikut rincian pengeluaran pada penjualan produk kami :
Nama bahan
|
Banyaknya
|
Harga
|
1. Tepung terigu
|
½ kg
|
Rp. 4.000
|
2. Telur
|
4 butir
|
Rp. 4.000
|
3. Susu bubuk
|
2 sachet ukuran kecil
|
Rp. 5.000
|
4. Panili / ragi
|
1 sachet
|
Rp. 3.000
|
5. Gula
|
1 ons
|
Rp. 2.000
|
6. pernipan
|
1 sachet
|
Rp. 1.000
|
7. mentega
|
2 ons
|
Rp. 2.000
|
8. Coklat
|
120 gram
|
Rp. 4.000
|
9. Trimit
|
1 ons
|
Rp. 4.000
|
10. Mika
|
20 biji
|
Rp. 3.000
|
Total
harga
|
Rp. 32.000
|
Sedangkan produk yang
kami buat yaitu 12 bungkus jadi total 12 x 3.000 = 36.000, jadi laba yang kita
dapat dari penjualan tersebut adalah Rp. 3.000
No comments:
Post a Comment