Saturday, July 7, 2018

ANALISIS AGROINDUSTRI TEMBAKAU

ANALISIS AGROINDUSTRI TEMBAKAU

1.   TENTANG TEMBAKAU



Tembakau adalah produk pertanian semusim yang bukan termasuk komoditas pangan, melainkan komoditas perkebunan. Produk ini dikonsumsi bukan untuk makanan tetapi sebagai pengisi waktu luang atau "hiburan", yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Tembakau juga dapat dikunyah. Kandungan metabolit sekunder yang kaya juga membuatnya bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat.
Di Indonesia, macam-macam tembakau komersial yang baik hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh kultivar, lokasi penanaman, waktu tanam, dan pengolahan pascapanen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, tergantung produk sasarannya.
tanaman tembakau merupakan salah satu komoditas andalan nasionaldan berperan penting bagi perekonomian )ndonesia% terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan% sumber pendapatan bagi petani dan sumber de*isa bagi negara disamping mendorong berkembangnya agribisnistembakau dan agroindustri. +erbagai usaha telah dilaksanakan untuk  pengembangan tembakau. ,erbaikan teknik budidaya% teknik pembibitanyang eisien% usaha mendapatkan bahan tanam unggul melalui hibridasi% pengaturan jarak tanam% usaha perlindungan terhadap hama dan penyakit%
2.       PEMASUKAN NEGARA MELALUI CUKAI ROKOK
industri rokok merupakan salah satu industri yang mengalami pasangsurut namun tetap eksis di )ndonesia. ,ertumbuhan ekonomi yang lamban bahkan sempat minus di masa krisis moneter ternyata tidak mempengaruhiindustri rokok di )ndonesia. ,adahal industri rokok di )ndonesia mengalami banyak tantangan karena imbas krisis yang berkepanjangan. 'aya belimasyarakat menurun% tari cukai merambat naik% upah buruh mengalami penyesuaian sesuai dengan tuntutan biaya hidup yang semakin tinggi.Sebagai salah satu sumber penerimaan negara% cukai mempunyaikontribusi yang sangat penting dalam /,+- khususnya dalam kelompok ,penerimaan 'alam negeri.
3.     TEMBAKAU SEBAGAI PESTISIDA ORGANIK 
banyak orang masih berpikir bahwa tembakau hanya dapat diolahsebagai rokok saja. ,padahal awalnya tembakau tidak digunkan sebagai rokok tetapi sebagai obat. baru-baru ini telah dilakukan banyak sekali penelitiantentang keefektifan tembakau sebagai pestisida organik. dari sekian banyak  penelitian yang dilaksanakan semua menyatakan bahwa daun tembakau sangat direkomendasikan untuk dijadikan pestisida dikarenakan kandungan nikotin yang terdapat pada daun dan batangnya yang dapat mematikanserangga, hama atau organisme penggangu Tanaman( secara efektiv pestisida daun tembakau bekerja sebagai racun kontak yang masuk melaluisistem pernafasan hama dan mematikan hama dengan cukup cepat. Berikut adalah rinciannya.
a.bagian Tanaman yang dimanfaatkan untuk bahan pestisida nabati bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pestisida nabati adalah daun dan batang yang banyak mengandung nikotin. Daun yang akan dipakai bisa menggunakan daun yang masih segar atau yangsudah difermentasi. Tembakau adalah tanaman yang memiliki nilai.

 B. penyakit Sasaran ,estisida nabati Tembakau hama-hama yang dijadikan sasaran adalah aphis , ulat kubi s& kumbang kecil, tungau dan penggerek batang. Sedangkan penyakit-penyakit yang dijadikan sasaran pengaplikasian adalah karat pada buncis dan gandum, kamur kentang  dan irus keriting daun. pestisida dari ekstrak tembakau ini bisa menjadi penolak insektisida fungisida dan akarisida. pestisida tembakau ini bekerja sebagai racun kontak, racun perut dan racun pernafasan yang bekerja cepat untuk membasmi dan mengatasi serangan di lahan.



No comments: