Thursday, November 16, 2017

CARA MENANAM PADI DENGAN SISTEM JARWO (JAJAR LEGOWO)




LATAR BELAKANG (PENGANTAR ATAU ABSTRAK)
Sistem tanam jajar legowo atau sering disebut Si Jarwo merupakan inovasi pola bertanam dengan berselang seling antara dua atau lebih baris tanaman padi dan diselingi satu baris kosong. Legowo diambil dari bahasa jawa yang berasal dari kata lego berarti luas dan dowo bermakna memanjang. Inti dari sistem tanam ini adalah memperbanyak tanaman pinggir dengan harapan pertumbuhannya lebih bagus dan hasilnya lebih tinggi. Ini artinya, jika rumpun-rumpun yang ada di pinggir semakin banyak maka hasilnya juga akan lebih banyak Saat ini, sistem logowo sudah mulai banyak di adopsi oleh petani di Indonesia. Banyak petani yang sudah merasakan manfaat dan keuntungannya.

METODE 

Ada beberapa tipe cara tanam system jajar legowo yang secara umum dapat dilakukan yaitu ; tipe legowo (2 : 1), (3 : 1), (4 : 1) yaitu :
1.      Tipe Jarwo 2:1
2.      Tipe Jarwo 3:1
3.      Jajar legowo (4 : 1)



      Hasil utama 

   
      Penanaman dengan jarwo 2: 1 
                     
penanaman dengan jarwo 3:1            
 

Penanaman dengan jarwo 4:1


Simpulan
dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo terbukti membuahkan hasil yang memuaskan. Terbukti dari hasil penelitian yaitu Hasil panen ketiga varietas  di atas rata-rata nasional. Inpari 13 mampu menghasilkan 7,3 ton per ha, Inpari 12 (6,08 ton per ha), dan Inpara 3 (5,2 ton per ha).





No comments: